Friday, September 11, 2015

SEMINAR NASIONAL ISKI DKI JAKARTA “MENCERMATI RATING TELEVISI”

ISKI DKI JAKARTA PROUDLY PRESENTS : 

Seminar Nasional “Mencermati Rating Televisi”  Jumat, 11 September 2015 bertempat di Gedung PDII LIPI Jl. Gatot Subroto Jakarta Selatan 


Para Pembicara di Seminar Nasional "Mencermati Rating Televisi" ini, antara lain :
  1. A. Hadiansyah Lubis, Division Head of Marketing Public Relations CNN Indonesia.
  2. Agus Nurudin (Managing Director Nielsen Indonesia),
  3. Bekti Nugroho (Komisioner KPI Pusat), 
  4. Dr. Harmonis (Sekretaris Jenderal ISKI Pusat), 
  5. Kanti Mirdiati Imansyah Direktur dari RCTI ( MNC Group) 
  6. Nurjaman Mochtar (Ketua Forum Pemred), 
  7. Wishnutama Kusubandio (CEO NET TV), 
  8. ATVSI, dan Trans Corps.


Seminar ini didukung oleh sponsor utama Artha Graha Peduli, dan juga support dari KPI, NET TV, MNC Group, TRANS Corps, RTV, ATVSI, ANTV, Nielsen, UHAMKA dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Puluhan goodie bag berisi berbagai macam souvenir dari ANTV, Trans 7, dan NET TV dibagikan kepada para peserta yang bertanya atau memberikan argumentasi saat diskusi berlangsung. Acara dipandu oleh host Agung Kurniawan dan Reska Amelia dari MNC TV. 



Rating televisi selama ini dilakukan oleh Nielsen Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang mensurvei televisi dengan metode penelitian kuantitatif dengan menghitung jumlah penonton televisi yang menonton tayangan tertentu, belum menghitung kualitas sebuah tayangan yang diteliti. Hasilnya, seringkali angka rating yang tinggi tidak menunjukkan kualitas tayangan yang bersangkutan. Sebaliknya, angka yang rendah tidak juga menunjukkan bahwa tayangan tersebut memiliki kualitas yang buruk. Survei indeks kualitas program siaran televisi yang pernah dilakukan ISKI Pusat bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bisa menjadi bentuk alternatif, namun tidak bisa dibandingkan dengan riset yang dilakukan Nielsen karena memang berbeda metodologi. 

Antusias peserta mengikuti seminaar, sampai duduk di lantai (semangat para mahasiswa)

Salam Komunikasi #ISKIDKIJAKARTA


Sumber : Novi Andayani Praptiningsih, (B.Ardha)

No comments:

Post a Comment