Friday, October 9, 2015

Sekilas tentang Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informatika, ilmu komunikasi menjadi sebuah disiplin ilmu yang penting dalam setiap proses dan aspek kehidupan masyarakat. Era globalisasi dan informasi mencuatkan peranan ilmu komunikasi pada segala tuntutan dan kebutuhan masyarakat di berbagai lapisan. Masyarakat kian membutuhkan sajian informasi yang akurat, objektif, berimbang, sekaligus informasi yang mendidik dan menghibur. Masyarakat juga semakin membutuhkan tenaga-tenaga yang berkualitas dan memiliki keterampilan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan informasi yang bertanggung jawab kepada pelbagai lapisan dan atau golongan masyarakat dengan teknik dan medium komunikasi yang efektif sekaligus menarik.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) adalah satu-satunya organisasi profesional yang mencakup seluruh bidang ilmu komunikasi interdisiplin. Dokumen pendirian ISKI ditandatangani Alwi Dahlan, Jakob Oetama, Gufron Dwipayana, D.H. Assegaf, Ishadi SK, dan Mahidin pada tanggal 12 Oktober 1983.

Pada awal pendiriannya, ISKI ditujukan untuk memperjuangkan keberadaan ilmu komunikasi dan memajukan pendidikan ilmu komunikasi di Indonesia. Karena pada saat itu ilmu komunikasi baru berkembang sehingga para sarjana komunikasi Indonesia generasi awal merasa perlu membentuk organisasi yang memperjuangkan keberadaan ilmu komunikasi.

Seiring perkembangan, ilmu komunikasi kini telah menjadi bidang yang sangat diminati. Jumlah lembaga pendidikan tinggi yang membuka program studi komunikasi semakin meningkat. Ini tidak lepas dari semakin berkembangnya industri bidang komunikasi di Indonesia. Selain itu, kalangan industri di berbagai bidang pun semakin memahami arti penting dari aktivitas komunikasi bagi kelangsungan bisnis mereka, sehingga kebutuhan akan tenaga ahli di bidang komunikasi pun semakin meningkat.


Sumber : Dhani Masil (BA)

No comments:

Post a Comment